24 C
id

Prasasti yang terdapat di kerajaan Tarumanegara (Soal & Jawab)

Sebutkaan 7 Prasasti  yang terdapat di kerajaan Tarumanegara
Prasasti  yang terdapat di kerajaan Tarumanegara


Kukemo.com _ Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera untuk kita semua dan InsyaAllah selalu dalam keadaan Sehat Walafiat,, Amin,,. Sahabat kemo yang berada dimanapun kali ini kemo akan berbagi tentang Soal - Jawab Mata  Pelajaran Sejarah SMA

Sebutkaan 7 Prasasti  yang terdapat di kerajaan Tarumanegara ?


Jawaban

1. Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun atau Prasasti Ciampea adalah sebuah prasasti yang terbuat dari batu alam, dan ditemukan di tepi Sungai Ciaruteun pada tahun 1863 oleh para peneliti Belanda. Prasasti Caruteun masih berada di tempat pertama kali ditemukan, yaitu di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Salinannya dapat ditemukan di Museum Sejarah Jakarta.

Prasasti Ciaruteun ditulis dalam aksara Pallawa, disusun dalam bentuk syair, menggunakan bahasa Sansekerta. Prasasti ini dilengkapi dengan beberapa gambar antara lain sepasang kaki, gambar umbi, sulur, dan laba-laba.

2. Prasasti Perkebunan Kopi

Prasasti Kebonkopi atau Prasasti Tapak adalah sebuah prasasti dari Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan di kawasan Desa Muara (sekarang: Desa Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor) oleh para penebang hutan pada abad ke-19 ketika mereka akan membuka lahan untuk menanam kopi. tanaman.

Hingga saat ini, prasasti perkebunan kopi tersebut masih tersisa di tempat pertama kali ditemukan. Prasasti yang terbuat dari batu alam ini dipahat pada bukaan batu besar bertuliskan aksara Palawa dan bahasa Sansekerta berbentuk syair dan diapit oleh sepasang pahatan kaki gajah.

3. Prasasti Muara Cianteun

Prasasti Muara Cianteun atau Prasasti Pasir Muara adalah sebuah prasasti dari Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan oleh N.W. Hoepermans pada tahun 1864. Prasasti ini ditemukan di Pasir Muara di persawahan, di tepi sungai Cisadane yang berbatasan dengan Muara Cianten. Prasasti ini berisi tentang pemerintahan negara yang dikembalikan ke Kerajaan Sunda pada tahun 854 M.

4. Prasasti Pasir Awi

Prasasti Pasir Awi atau Prasasti Cempurai ditemukan oleh N.W. Hoepermans di lereng selatan bukit Pasir Awi, kawasan hutan perbukitan Cipamingkis, Sukamakmur, Bogor pada tahun 1864. Sama seperti Prasasti Muara Cianteun, prasasti di atas bukit ini juga tidak sedikit pun mengungkapkan sejarah kerajaan tarumanegara. Prasasti tersebut hanya berisi ukiran gambar daun, ranting, dahan, dan buah-buahan, serta sepasang kaki.

5. Prasasti Cidanghiyang

Prasasti Cidanghiyang merupakan satu-satunya prasasti dari kerajaan Tarumanegara yang terletak di wilayah desa Lebak, kecamatan Munjul, kabupaten Pandeglang. Prasasti ini pertama kali ditemukan pada tahun 1947 oleh Toebagus Roesjan di tepi sungai Cidanghiyang.

Prasasti Cidanghi berisi pesan tentang kehebatan Prabu Purnawarman.

6. Prasasti Tugu

Prasasti Tugu ditemukan di Desa Batutumuh, Desa Tugu, Koja-Jakarta Selatan pada tahun 1911 oleh P. de Roo de la Faille. Isinya menjelaskan tentang penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman. Prasasti Tugu berbentuk seperti batu lonjong dengan tinggi kurang lebih 1 m, yang diukir dengan pesan dalam aksara Palawa dan bahasa Sansekerta. Keunikan prasasti ini adalah memiliki hiasan tongkat trisula yang tegak dan memanjang, berguna sebagai pemisah di awal kalimat dan di akhir kalimat dalam seloka.

7. Prasasti Jambu Biji

Prasasti Jambu atau Prasasti Pasir Kolengkak adalah prasasti yang ditemukan di perkebunan jambu biji yang terletak di desa Pasir Gintung, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Bogor oleh Jonathan Riff pada tahun 1854. Prasasti tersebut berisi tentang kebesaran dan keagungan Raja Purnawarman dalam memimpin kerajaan Tarumanegara. .

Semoga Bermanfaat Untuk  Teman - teman yang sedang mencari Sejarah tentang Prasasti  yang terdapat di kerajaan Tarumanegara
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Kemo
Kemo Pejuang Dollar

Posting Komentar

Ads Single Post 4