24 C
id

Biografi dan Profil Eddy Katuari - Pebisnis Sukses Pemilik Wings Group

Kukemo.com - Nama keluarga Katuari memang kurang familiar di telinga publik di Indonesia. Hal ini karena berita dan profil mereka jarang terekspos oleh media. Akan Tetapi siapa sangka keluarga Katuari merupakan salah satu keluarga terkaya di Indonesia. Keluarga Katuari ini merupakan pendiri dan pemilik Wings Group sebuah perusahaan besar yang memproduksi produk-produk konsumsi rumah tangga (consumer goods) serta produk kesehatan bersaing dengan Unilever di Indonesia.



Soedono Salim berserta investor lain, mereka mendirikan pabrik Unggul Indah Cahaya. Satu-satunya pabrik yang mampu memproduksi bahan baku pembuat deterjen bernama alkylbenzene.

Di masa order baru, keluarga Katuari tidak banyak terekspos oleh media berbeda dengan keluarga Salim. Ketika krisis moneter mulai menghantam Indonesia pada tahun 1997, banyak bisnis dari konglomerat besar termasuk Salim Group tersungkur. Akan Tetapi tidak dengan Wings Group.

Grup Wings dibawah kendali keluarga Katuari bekerjasama dengan Grup Lautan Luas sebuah perusahan produsen bahan kimia dan produsen rokok Djarum. 

Mereka bertiga mengakuisisi Ecogreen Olechemical. Hal ini semakin memperkokoh Wings Group. Terlebih lagi cucu dari Ferdinand Katuari menikah dengan cucu pemilik Djarum Group.

Wings Group Dibawah Kepemimpinan Eddy Katuari

Ferdinand Katuari yang kala memasuki usia senja kemudian menyerahkan tampuk kepemimpinan usaha Wings Group kepada anaknya yaitu Eddy William Katuari. Eddy merupakan alumni teknik mesin Institut Teknologi Surabaya. Eddy merupakan anak dari Ferdinand Katuari dan Lanny Hartati.

 Dibawah kendali Eddy, Wings Group melakukan ekspansi usaha dan semakin agresif. Dalam menjalankan usahanya, Eddy Katuari dibantu oleh anak dari Harjo Sutanto.

Ferdinand Katuari wafat pada tahun 2004. Wingsfood melalui anak usahanya yakni PT Karunia Alam Semesta mencoba menggebrak pasar dengan memproduksi Mie Instan dengan nama Mie Sedap. Mereka mencoba menjadi penantang Indofood milik keluarga Salim.

Sama seperti ayahnya Ferdinand Katuari, Eddy Katuari tidak terlalu menyukai soal hingar bingar publisitas. Kerahasiaan dan sifat diam sudah menjadi tradisi Wings Group. Sangat jarang persoalan mengenai perusahaan dan keluarga Katuari diketahui oleh publik.

Hingga saat ini produk-produk Wings sudah meramnbah ke seluruh dunia. Produknya pun berbagai macam mulai dari deterjen, sabun, pembersih lain, minuman ringan serta makanan. 

Hingga kini bidang usaha yang dijalankan oleh Wings Group sudah merambah ke sektor lain kimia, properti bekerjasama dengan PT Djarum, perbankan, jasa keuangan, bahan bangunan dan kelapa sawit.

Kekayaan Eddy Katuari bersama keluarga ditaksir sebesar 24, 2 triliun rupiah. Menempatkan mereka di posisi 15 dalam daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2017. 

Eddy Katuari wafat di Singapura. Beliau meninggalkan tiga orang anak bernama Grace L. Katuari, Jane Stephanie Katuari, Erlin Katuari. 

Itulah informasi yang dapat blog Kukemo bagikan, sematkan komentar kalian bila ada pertanyaan ataupun saran. Jangan lupa untuk share artikel kepada yang lainnya. Bokmark situs Kukemo agar mendapat update terbaru dari situs kami

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Hobi Nulis
Hobi Nulis 6 Nasihat Penting untuk Pengusaha Baru yang Ingin Meluncurkan Bisnis:
1. Berkonsentrasilah pada salah satu dari banyak peluang bisnis.
2. Kejarlah hal-hal yang membuatmu bahagia.
3. Pelajari semua yang perlu diketahui tentang perusahaan Anda...
4. Selalu bersemangat untuk mengambil keterampilan baru dari orang lain...
5. Sederhanakan hidupmu.
6. Dapatkan hikmah dari kesalahan masa lalu.
Jago Bisnis
Belajar Usaha
Bisa Dagang
Jago Menulis
Jago Desain
Belajar Bisnis
Berita Gorontalo

Posting Komentar

Ads Single Post 4